Monday, August 6, 2012

Tips agar blog ada pengunjungnya

Tips agar blog ada pengunjungnya – Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara agar blog yang anda kelola ada pengunjungnya, saya tidak muluk-muluk dulu makanya saya bikin judul yang sederhana Tips agar blog ada pengunjungnya. Ko gitu gan, ya ialah saya katakan jangan muluk-muluk dulu misalnya dengan membuat judul Tips agar blog dibanjiri pengunjung ribuan dalam waktu singkat, tenang saja gan mungkin saatnya nanti kalau blog anda diurus dengan benar tidak mustahil pengunjung blog anda akan bejubel.

Traffik merupakan salah satu parameter yang digunakan dalam menentukan kesuksesan suatu blog

Mungkin percuma saja ya bila kita bikin blog tidak ada pengunjungnya, padahal anda bikin blognya keren abis. Disana sini dihiasi dengan flash, pokoknya keren abis deh. Eh ujung-ujungnya pengunjungnya kita doang, user online cuma 1. Persis blog saya ini, karena penasaran saya kalau memantau blog saya pasti yang dilihat visitornya dulu, gak tahu kalau anda. Maklum saja gan blog yang saya kelola ini baru seumur jagung, pas saya lihat didata pembuatan blog baru sekitar 125 hari.

Kehadiran pembaca atau pengunjung pada blog kita diwakili dalam bentuk Traffik, semakin banyak pengunjung yang datang pada blog kita semakin tinggi traffiknya. Ada anggapan keliru dari para pembuat blog yang menganggap pengunjung akan datang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu, padahal setiap waktu ada saja ratusan blog baru bermunculan dengan beragam topik dan keunikannya. Tanpa ada usaha dari yang empunya blog tersebut kemungkinan akan kalah bersaing dengan blog lainnya.
Promosi blog penting adanya agar blog banyak dikunjungi orang, untuk menarik pengunjung ada beberapa hal yang harus dilakukan, agar blog kita eksis di belantara dunia maya.

Nah gan saya banyak basa-basi yah, sabar gan tips-nya saya akan paparkan agar blog yang kita kelola ada pengunjungnya. Mungkin ini bukan tips yah, malu ah kalau kedengeran oleh para master. Tetapi saya akan berbagi pengalaman saja selama saya ngeblog, gini gan tips-nya.

1.    Jangan bosan update blog anda.
Poles blog anda dari dalam, maksudnya sering-seringlah anda menulis artikel di blog anda, dengan artikel yang bagus ini harus diusahakan minimal dalam satu minggu tiga sampai empat artikel. Dalam penulisannya juga jangan asal tulis saja, perhatikan juga keyword yang anda targetkan, judul dan isi tulisan haruslah relevan. Pergunakan keyword tertarget sesuai isi artikel terutama dalam paragraf pertama , pergunakanlah dalam penulisan keyword dengan hurup tebal, hurup miring atau berilah garis bawah agar membedakan dengan kata yang bukan keyword. Yang terpenting isi artikel harus berkualitas, pengunjung mungkin akan kecewa manakala suatu blog yang dirujuk oleh banyak orang ternyata isinya tidak berkualitas.

2.    Promosikan blog anda.
 Ketahuilah bahwa website atau blog bermunculan setiap detiknya, sekarang ini mungkin sudah jutaan blog yang bertebaran di dunia maya, lalu apa kiat anda agar blognya tidak tersingkir dari persaingan dengan blog lainnya. Jawabannya promosi, ya promosikan blog anda setiap anda membuat pos baru, pada prosesnya ini disebut “ping”. Secara sederhana setiap kali anda membuat pos baru maka secara otomatis mengumumkannya di internet, cara ini dilakukan dengan melakukan ping kepada website-website tertentu yang tugasnya melakukan penelusuran terhadap suatu blog.
Ada website yang tugasnya melakukan ping semacam Ping-O-Matic (http://pingomatic.com/) ataupun Ping Goat (http://pingoat.com), atau juga anda dapat memasukannya di blogsearch.google.com (http://blogsearch.google.com/ping).

Tidak lupa blog anda daftarkan di Direktory Blog, direktory blog ini adalah sebuah website khusus yang berisi mengenai profil sejumlah blog yang terdaftar didalamnya. Pada umumnya setiap direktory blog menyediakan halaman profil khusus mengenai blog yang telah masuk ke dalam direktory-nya. Dengan telah didaftarkan pada sebuah direktory, blog anda akan dapat dengan mudah diketahui oleh calon pengunjung. Misalnya untuk blog direktory seperti BlogTopSites (http://blogtopsites.com), Blogarama (http://blogarama.com), dan Blog Wise (http://blogwise.com). Jika anda menulis blog dalam bahasa indonesia daftarkan di Blog Indonesia yang beralamat www.blog-indonesia.com. Tidak lupa ini yang paling penting daftarkan blog anda di dmoz (www.dmoz.org)  karena blog ini menjadi rujukan mesin pencari semacam Google (www.google.com) dan mesin pencari lainnya. Jika blog anda telah terdaftar di direktory Dmoz sangat beruntung sekali, karena traffik blog anda tak terbayang pengunjungnya, blog saya sendiri telah beberapa kali di daftarkan di dmoz ternyata belum di aprove juga.

Tidak lupa blog anda diperkenalkan diforum blog yaitu suatu forum diskusi mengenai aktifitas blogging, yang maksudnya memperkenalkan blog pada forum itu dalam bentuk ajang diskusi, ini salah satu metode untuk mempromosikan blog anda.

3.    Blog Walking
Blog Walking atau mengunjungi blog orang, ini yang sering saya lakukan. Maksudnya dengan mengunjungi blog teman kita meninggalkan jejak-jejak pada saat kita memberikan komentar . Yang empunya blog biasanya akan senang bila postingannya ada respon dari pembacanya, berikanlah komentar yang isinya sesuai sesuai dengan isi postingan jangan sekali-kali anda berbuat spam dalam komentarnya, berikanlah spirit yang membangun pada yang empunya blog.

4.    Optimasi Blog dengan Trik-trik SEO.
Yang satu ini penting banget gan, pergunakanlah fitur-fitur yang disediakan oleh mesin pencari. Misalnya Google (www.google.com) pergunakanlah Google webmaster tool, begitu juga dengan mesin pencari Bing atau mesin pencari lainnya. Optimalkan dan pergunakan fitur-fitur yang disediakan secara bijaksana, carilah referensi bagai mana cara menggunakan tool-tool yang disediakan didalamnya.

Inilah artikel yang sederhana yang saya dapat berikan, mudah-mudahan blog yang sedang anda kelola  banyak pengunjungnya, yah minimal sehari ratusan pengunjungnya seperti blog yang sedang saya kelola ini. Maklum gan saya juga dalam tahap belajar dalam mengoptimalkan SEO, jika agan merasa terbantu dengan tulisan ini tidak ada salahnya berkomentar disini,. Salam sukses para blogger.

Newer Post Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini Blog Dofollow,Silakan tinggalkan komentar Anda..
Cara Berkomentar:
1.Jangan Menggunakan kalimat kasar
2.Jangan Memberikan Link hidup pada komentar
3.Jangan berkomentar sejenis SARA/PO*N